Ta’dib Khotib Khilafatul Muslimin 1430 H

Alhamdulillah,

Pada bulan Rabbiul Akhir 1430 H. Qismuddakwah Wa Binaul Ummah telah selesai mengadakan program kerjanya, yaitu ta’dib Khotib yang diikuti oleh da’i-da’i dan para santri di Pondok Ukhuwah Islamiyyah desa Perjuk kec. Taliwang Sumbawa Barat yang jumlah peserta seluruhnya ada 27 orang. Acara tersebut dipandu langsung oleh Amir Jama’ah Khilafatul Muslimin Wilayah Sumbawa Barat dan berlangsung cukup meriah. Pada awal acara oleh koordinator dakwah Ibnu Kus diberikan angket tentang Evaluasi Khotib, yang berisi pertanyaan-pertanyaan sekitar masalah pelaksanaan khutbah Jum’at dan kemudian pada acara kedua diisi langsung oleh Ust. Zulkifli Rahman tentang permasalahan-permasalah sekitar khutbah jum’at dan teknis-teknis sekitar cara berkhutbah jum’at yang baik dan benar berdasarkan tuntunan Rasulullah SAW. dan pada acara ketiga para peserta disuruh menyiapkan materi khutbah untuk di ujikan pada acara tersebut.

Oleh karena peserta cukup banyak dan waktu yang digunakan cukup sedikit maka peserta di acak untuk diuji berdasarkan nomor yang telah di tentukan oleh pemandu. Alhamdulillah dari peserta yang diuji cukup menjadikan contoh dari peserta lain, secara kebetulan sekali ada peserta perwakilan dari Bima, Sumbawa,Sulawesi dan Jawa, secara representatif keempat peserta cukup mewakili gaya khutbah dari masing-masing daerah yang diwakilinya sesuai dengan gaya bahasa masing-masing.

Para peserta semua merasakan kegembiraan yang sangat besar, sebab menurut mereka semua dengan adanya evaluasi tersebut dapat menjadikan mereka cambuk untuk menjadi da’i atau khotib yang labih baik dan lebih sempurna sesaui dengan tuntunan Rasulullah, SAW. Mudah-mudahan acara evaluasi khotib yang diselenggarakan oleh bagian dakwah ini dapat berkelanjutan dan lebih sempurna lagi.  amin

Dan untuk semua pembaca di bawah ini kami tuliskan tata-cara khutbah yang sudah kami ringkaskan.

Tata Cara Khutbah Jum’at

  1. Membaca basmalah : bismillaahir rahmaanir rahiimi
  2. Mengucapkan salam : assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu
  3. Adzan
  4. Membaca hamdalah :

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

  1. Membaca syahadat :

. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ؛

  1. Membaca shalawat :

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

  1. Membaca ayat alqur’an yang mengajak bertaqwa kepada allah (biasanya khatib membaca ali imran ayat 102)

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: {يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

wa qaalallahu ta’aalaa fil qur’aanil karim
audzubillaahimina sy syaitoon nirrojiim …

Membaca ayat alqur’an yang lain sesuai dengan topik khutbah
amma ba’du

  1. Berwasiat untuk diri sendiri dan jamaah agar selalu dan meningkatkan taqwa kepada Allah SWT
  2. Mulai berkhutbah sesuai topiknya memanggil jamaah bisa dengan panggilan ayyuhal muslimun atau ma’asyiral muslimin rahimakumullah, atau sidang jum’at yang dirahmati allah.
  3. Menutup khutbah pertama dengan do’a untuk seluruh kaum muslimin dan muslimat

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ.

Duduk sebentar (tuma’ninah) untuk memberi kesempatan jamaah jum’at untuk beristighfar dan membaca shalawat pelan-pelan

  1. Khutbah kedua aturannya persis sama dengan khutbah pertama semua urutan dari hamdalah, syahadat, shalawat, wasiat taqwa, ayat qur’an, dan do’a untuk seluruh orang muslim/muslimat dan mu’minin/mu’minat harus dipenuhi. Contoh bacaan yang berbeda pada khutbah kedua :

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ؛ قَالَ اللهُ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

  1. Bacaan penutup wasiat khutbah kedua dan membaca ayat al qur’an yang menyuruh bershalawat (al ahzab 56)


إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Atau membaca :

‘ibaadallaah innallaaha amarakum bi amri bi da-aafiati binafsihi
wa tsanii bimalaaikatihil musabbihati biqudsihi
wa tsullatsaa bikum ayyuhal mu-minuuna min jannati wa insihi
fa qaalallaahu qawlan kariiman
innallaaha wa malaaikatahuu yushalluuuna ‘alan nabii
yaa ayyuhal ladziina ‘aamanuu shalluu ‘alaihi wa salliimu tasliimaa
allaahumma shalli wa sallim wa baarik ‘alaa ‘abdukaa wa rusuulikaa muhammad
wa aridhallaahumma ‘an khulafaa-ur raasyidiin
abi bakri wa ‘umaara wa ‘utsmaana wa ‘alii
wa ‘an syaa-iril aali wash shahaabati ajma’iin
wat taabi’iina wat taabi’it taabi’iina
wa man tabi’ahum bi ihsaanin ilaa yaumid diin
wa ‘alaina ma’ahum birahmatika yaa arhamar raahimiin

  1. Membaca do’a

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ مَا عَلِمْنَا مِنْهُ وَمَا لَمْ نَعْلَمْ. اَللَّهُمَ أَصْلِحْ أَحْوَالَ الْمُسْلِمِيْنَ وَأَرْخِصْ أَسْعَارَهُمْ وَآمِنْهُمْ فِيْ أَوْطَانِهِمْ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

  1. Penutup khutbah kedua (bacaan ini didekritkan oleh khalifah umar bin abdul aziz harus dibaca karena pada masa itu khutbah jum’at sering digunakan untuk menyerang lawan politik oleh para khatib, diambil dari surat an nahl 90)


عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Iqamat untuk shalat jum’at

Tinggalkan komentar